Rabu, 05 November 2008

LINGKAR

Adalah sekaa demen (kelompok bermain) seni rupa, yang berangotakan enam orang. Lingkar merupakan garis yang mengelilingi sesuatu,lingkar disini bukanlah lingkaran yang tertutup dan sempit,melainkan lingkaran yang terbuka luas mencari dimana?,apa?, dan bagaimana?kemungkinan yang mungkin terjadi. Format, tempat dan ruang bukanlah batasan berkreasi, justru terbatasnya tempat dan ruang untuk merangsang impuls-impuls yang terpendam.

Kelompok Lingkar terdiri dari enam orang perupa alumnus FSR ISI Jogjakarta, Sudarna Putra(nano), Wayan Wirawan(yancut), Gede Suanda(sayur), Dewa Jodi Saputra(Jo), Putu Suardana(vije), Kadek Suadnyana(pektif) pandangan dan sikap berkesenianlah yang membuat mereka berada dalam satu muara seni LINGKAR.

Setiap perupa pasti memiliki kegelisahan kreasi yang luas bahkan tak berujung, saat itulah kita membutuhkan sebuah tempat“ruang”diskusi, ngobrol kangin kauh,cur-hat atau apalah namanya, yang jelas disana kita ngobrol membicarakan sesuatu sambil minum the, kopi yang ditemani kacang kulit . Pertemuan seperti itu hampir setiap minggu kita adakan .Tempatnyapun bisa berpindah- pindah, tidak mesti di satu tempat. kadang- kadang sering infrup untuk menentukan tempat ngumpul, yang penting nyaman untuk kita. Keadaan keluarga dan kesibukan lain yang sangat membosankan sempat membuat acara minum teh itu jeda, padahal kesadaran untuk membuat suatu kelompok sudah ada sejak awal 2006 , atau satu setengah tahun yang lalu.Gagasanya jadi kembang kempis seiring kesibukan masing-masing, kemudian pertengahan 2008 acara minum teh dan ngopi bareng kami aktifkan lagi.Saat itu teh dan kopi terasa lebih hangat ketika salah seorang dari anggota kita menawarkan sebuah tempat untuk eksplorasi seni yang “bebas”.pembicaraanpun mulai mengacu pada kegiatan yang mengerucut pada suatu Tema.

Setelah diramu dengan pandangan dan sikap berkesenian yang harmony dan seirama kemudian kami tuangkan ke dalam satu wadah seni LINGKAR,maka kelompok lingkar mengalirkan tujuan menyampaikan sesuatu dengan seni, dengan media, ruang dan tempat yang tak terbatas.Dalam hal ini kesenangan menjadi alasan berkarya,”kebebasan” adalah cara ungkapnya. Dengan kelompok lingkar, suara, sikap dan pandangan kami akan lebih kuat dan jelas pada sasaranya.

Visi dan misi kelompok lingkar adalah bergerak melingkar keluar dari pusaran, untuk menggali kemungkinan-kemungkinan, gagasan, visual dan format event yang lebih segar, berdasarkan kerja adalah CINTA yang mewujud.

Kegiatan pertama diawali minum bir sambil nyeket bersama pada18 Agustus 2008 dimana hari itu kami anggap sebagai berdirinya kelompok LINGKAR.

Karya-karya kegiatan yang pertama itu kami abadikan dalam bentuk kaos, kemudian dijual sebagai bazaar keliling, hasilnya digunakan untuk event selanjutnya.

“Homo luden”adalah tema pameran kami yang ke dua. Homo luden adalah mahluk yang bermain,dengan bermain kita bisa senang.

Yang bertanda tangan di bawah ini;

LINGKAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar